Sabtu, 09 November 2019


YUK KENAL LEBIH DEKAT DENGAN PARKINSON





Menjadi tua merupakan sebuah kepastian bagi manusia yang di berikan umur panjang oleh allah. dan saat usia senjang hadir harapan setiap orang yaitu berada dekat  pada orang-orang tercinta dan keluarga. Dimana saat usia senja energi dan gerakan tubuh akan menurun. Tak hanya itu kemampuan otak pun ikut menurun. Harapan besar orang saat usianya menjelang senja berharap anak-anak mereka untuk tetap mencintai dan menyanyainya, apapun kondisinya nanti.

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri gathering Blogger dan Vlogger Mengenal Parkinson di RS Premier Jatinegara. Oh iya belum acara , saya berkesempatan untuk mengunjungi klinik Syaraf RS Premier Jatinegar, ada yang baru pelayanan terbaru dari RS Premier Jatinegara yaitu hadirnya klinik  Parkinson dan Gangguan Gerak. Parkinson sendiri merupakan salah satu penyakit syaraf. Biasanya Parkinson menyerang usia diatas 60 tahun atau biasa di orang awam menyebutnya penyakit tua.

dokter Sukono Djojoatmodjo Sp.S

Apa itu Parkinson ?

Parkinson adalah kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan ( motor system ), dan terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamine. Dopamine itu sendiri adalah sebuah senyawa kimiawi di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hormon ini mempengaruhi berbagai aktivitas manusia mulai dari kemampuan mengingat hingga menggerakan anggota tubuh.

Apa seh gejala Parkinson ?

Tremor ( gemetar )
Gejala yang sering dan tampak jelas terlihat oleh mata adalah tremor ( gemetar ). Ciri khas dari penderita pankinson adalah tremor terutama pada tangan atau jari, dan itu berlansung secara terus menerus, saat melakukan aktivitas maupun tidak . “dan biasanya pada pasien Parkinson suka menyembunyikan tangannya dia dalam saku” papar dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S saat menjelaskan tentang penyakit Perkinson.

Rigidity ( kekakuan gerak )
Pada penderita Parkinson terjadi gejala kekakuan gerak atau kaku otot.  Itu terjadi dibagian anggota tubuh mana saja. Karena kekakuan otot akan menimbulkan rasa sakit sehingga gerakan pun terbatasi. Kekakuan pun bisa mneyerang otot wajah sehingga penderita kadang kurang senyum atau kurang ekspresi.

Kelambanan Gerak
Orang yang menderita parkinsos akan mengalami kelambanan dalam pergerakan. Segala aktivitas pun akan memakan waktu yang cukup lama bagi penderita Parkinson, contohnya bagi pebderita untuk memegang gelas dan minum air itu butuh waktu sekitar 15 -20 menit,  sedangkan klo orang normal itu hanya butuh waktu sekian detik saja untuk bisa ambil gelas dan minum. Kemudian saat berjalan pun langkah kakinya lebih pendek. Saat berdiri atau berjalan tidak seimbang serta potur tubuh penderita Parkinson menjadi membungkuk.  Itu semua contoh aktivitas sehari-hari yang dapat kita lihat pada penderita Parkinson.

Sedangkan gejala lainya yang non motorik yaitu :

Gangguan Penghidu  
Dimana terjadi gangguan pada penciuman penderita perkinson. Sensitufitas penghidu menurun dan bahkan parnderita tidak dapat mencium bau atau aroama.

Gangguan Tidur
Seringanya terbangun pada malam hari atau saat tidur siang. Kualitas tidurnya terganggu.

Sulit Buang Air Besar
Karena penurunan saraf , membuat penderita sulit buang air besar atau konstipasi. “Ada seorang penderita Parkinson rasa ingin BAB tapi tidak keluar sehingga pasien tersebut selalu mundar mandir ke kamar mandi” cerita dok Sukono

Depresi
Pada penderita Parkinson itu mudah merasa depresi. Perasaanya lebih mudah sensitive . oleh karena itu Support dari keluarga itu yang sangat di butuhkan bagi penderita Parkinson. Dukungan dan cinta kasih keluarga menjadi salah satu obat penyembuh Parkinson.

Mudah Mengantuk

Halusinasi
Halusinasi terjadi karena kerusakan otak dan saraf .

Tekanan Darah Rendah

Gangguan Jiwa

Pengobatan parkinson dapat dilakukan dengan :

Obat Oral
Pemberian obat minum secara teratur dan berkelanjutan atau seumur hidup

Obat Infus
Pemberian obat memalui injeksi/ suntikan

Operasi
Tindakan pembedahan oleh dokter.




Setalah pemaparan dari dokter Sukono Djojoatmodjo, Sp.S tentang Parkinson, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah doorprize oleh pihak RS Premier Jatinegara.

So …. buat kamu yang masih muda dan sehat yuk cegah parkinson sejak dini dimulai dengan mengatur pola hidup sehat , olah raga teratur, makan makanan yang fresh. Insayallah penyakit Parkinson dapat dicegah .



Salam Sehat,

20 komentar:

  1. Aku pertama kali dengan penyakit Parkinson dari papaku yang bilang petinju M. Ali mengidap parkinson. Semoga kita dan keluarga dijauhkan dari penyakit ini ya. Terima kasih RS Premier Jatinegara sudah concern terhadap penyakit satu ini

    BalasHapus
  2. Aku baru tau penyakit Parkinson nih kak,semoga kita semua diberi kesehatan dan keren ya RS primier ini dokternya

    BalasHapus
  3. Saya pun merasakan beberapa ciri dan gejala tersebut di atas. Semoga aja bukan awal penyakit Parkinson ah. Menjalankan pola hidup sehat semoga bisa jadi jalan terhindar dari penyakit itu.

    BalasHapus
  4. Biasanya usia berapa mba kena Parkinson? Dibawah 40 mungkin ga terkena penyakit ini?

    BalasHapus
  5. Semua bakal tua, semoga kita semua tua bahagia dan sejahtera aamiinn

    BalasHapus
  6. Wah, aku baru tahu lebih detail nih tentang penyakit Parkinson ini. Biasanya denger di tv atau medsos aja. Kita kudu mewaspadai gejalanya ya

    BalasHapus
  7. di daerah saya ada taman lansia. kalau lagi main ke taman lansia, suka nemuin kakek2 yg gemeteran gini. berarti jangan2 beliau idap Parkinson yak

    BalasHapus
  8. Informasinya lengkap bngt nih tentang parkinson jadi kita bsa gk bsa biarkan ya kalo tiba2 gemeter padahal lagi sntai .cepet2 diperiksa

    BalasHapus
  9. Informasi ttg parkinsonnya lengkap bgt..
    Makasih banyak mbak
    Dan salut buat RS premiere yg concern dgn penyakit ini

    BalasHapus
  10. Komplit banget penjelasan tentang Parkinson mbak. Acaranya bagus banget dan auto cek kakek yg punya penyakit ini.

    BalasHapus
  11. Setujuuu..Mengatur pola hidup sehat , olah raga teratur, makan makanan yang fresh. Agar penyakit Parkinson dapat dicegah dan kita sehat selalu sampai nanti

    BalasHapus
  12. Daku pas di acara ini gak jadi ikutan,karena bentrok dengan jam ngajar. Untungnya artikel mbak Hida ini bisa nambah pengetahuqn, jadi gak ketinggalan informasi

    BalasHapus
  13. awareness tentang parkinson ini penting buat semua masyarakat supaya tahu bagaimana mengatasinya

    BalasHapus
  14. makasih sharingnya kak, aku jadi tau gejala parkinson. smoga kita sehat sampe tua ya kak, terhindar dari penyakit

    BalasHapus
  15. Gejalanya mulqi terlihat di usia berapa ya mbak? Duh jadi khawatir ya sama bapak.. Kudu lebih aware dengab memperhatikan gejala yg muncul ya biar bisa terdeteksi lebih dini

    BalasHapus
  16. Gangguan penghidu ini di bagian penciuman/ hidung gtu ya? Saya pikir selama ini cuma kyk tremor aja, ternyata parkinson ini lebih parah ya mbak, bisa ganggu organ yang lain juga :(
    Moga kita semua dijauhkan dr penyakit ini aamiin

    BalasHapus
  17. waktu kuliah aku belajar penyakit ini dan paling kuingat adalah tremor dari gejala parkinson ini :) baca ini berasa reminder tentang penyakit yang terjadi karena kerusakan otak

    BalasHapus
  18. Aku baru tahu nih apa saja gejala dari parkinson mba. Bahaya banget ya kalau dibiarkan begitu saja.

    BalasHapus
  19. Wah, baru tahu tentang penyakit parkinson, srpertinya gejala awal sudah diderita ibuku

    BalasHapus
  20. Hiks...alm ayahku dulu menderita Parkinson, padahal hidup sehat, teratur olahraga. Engga tahu deh, menurun menurun gitu smp wafatnya. Duh...semoga kita sehat selalu yah...

    BalasHapus