Sabtu, 09 November 2019


YUK KENAL LEBIH DEKAT DENGAN PARKINSON





Menjadi tua merupakan sebuah kepastian bagi manusia yang di berikan umur panjang oleh allah. dan saat usia senjang hadir harapan setiap orang yaitu berada dekat  pada orang-orang tercinta dan keluarga. Dimana saat usia senja energi dan gerakan tubuh akan menurun. Tak hanya itu kemampuan otak pun ikut menurun. Harapan besar orang saat usianya menjelang senja berharap anak-anak mereka untuk tetap mencintai dan menyanyainya, apapun kondisinya nanti.

Beberapa hari yang lalu saya menghadiri gathering Blogger dan Vlogger Mengenal Parkinson di RS Premier Jatinegara. Oh iya belum acara , saya berkesempatan untuk mengunjungi klinik Syaraf RS Premier Jatinegar, ada yang baru pelayanan terbaru dari RS Premier Jatinegara yaitu hadirnya klinik  Parkinson dan Gangguan Gerak. Parkinson sendiri merupakan salah satu penyakit syaraf. Biasanya Parkinson menyerang usia diatas 60 tahun atau biasa di orang awam menyebutnya penyakit tua.

dokter Sukono Djojoatmodjo Sp.S

Apa itu Parkinson ?

Parkinson adalah kerusakan otak dan saraf progresif yang mempengaruhi gerakan ( motor system ), dan terjadi karena hilangnya sel-sel otak yang memproduksi dopamine. Dopamine itu sendiri adalah sebuah senyawa kimiawi di otak yang berperan untuk menyampaikan rangsangan ke seluruh tubuh. Hormon ini mempengaruhi berbagai aktivitas manusia mulai dari kemampuan mengingat hingga menggerakan anggota tubuh.

Apa seh gejala Parkinson ?

Tremor ( gemetar )
Gejala yang sering dan tampak jelas terlihat oleh mata adalah tremor ( gemetar ). Ciri khas dari penderita pankinson adalah tremor terutama pada tangan atau jari, dan itu berlansung secara terus menerus, saat melakukan aktivitas maupun tidak . “dan biasanya pada pasien Parkinson suka menyembunyikan tangannya dia dalam saku” papar dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp.S saat menjelaskan tentang penyakit Perkinson.

Rigidity ( kekakuan gerak )
Pada penderita Parkinson terjadi gejala kekakuan gerak atau kaku otot.  Itu terjadi dibagian anggota tubuh mana saja. Karena kekakuan otot akan menimbulkan rasa sakit sehingga gerakan pun terbatasi. Kekakuan pun bisa mneyerang otot wajah sehingga penderita kadang kurang senyum atau kurang ekspresi.

Kelambanan Gerak
Orang yang menderita parkinsos akan mengalami kelambanan dalam pergerakan. Segala aktivitas pun akan memakan waktu yang cukup lama bagi penderita Parkinson, contohnya bagi pebderita untuk memegang gelas dan minum air itu butuh waktu sekitar 15 -20 menit,  sedangkan klo orang normal itu hanya butuh waktu sekian detik saja untuk bisa ambil gelas dan minum. Kemudian saat berjalan pun langkah kakinya lebih pendek. Saat berdiri atau berjalan tidak seimbang serta potur tubuh penderita Parkinson menjadi membungkuk.  Itu semua contoh aktivitas sehari-hari yang dapat kita lihat pada penderita Parkinson.

Sedangkan gejala lainya yang non motorik yaitu :

Gangguan Penghidu  
Dimana terjadi gangguan pada penciuman penderita perkinson. Sensitufitas penghidu menurun dan bahkan parnderita tidak dapat mencium bau atau aroama.

Gangguan Tidur
Seringanya terbangun pada malam hari atau saat tidur siang. Kualitas tidurnya terganggu.

Sulit Buang Air Besar
Karena penurunan saraf , membuat penderita sulit buang air besar atau konstipasi. “Ada seorang penderita Parkinson rasa ingin BAB tapi tidak keluar sehingga pasien tersebut selalu mundar mandir ke kamar mandi” cerita dok Sukono

Depresi
Pada penderita Parkinson itu mudah merasa depresi. Perasaanya lebih mudah sensitive . oleh karena itu Support dari keluarga itu yang sangat di butuhkan bagi penderita Parkinson. Dukungan dan cinta kasih keluarga menjadi salah satu obat penyembuh Parkinson.

Mudah Mengantuk

Halusinasi
Halusinasi terjadi karena kerusakan otak dan saraf .

Tekanan Darah Rendah

Gangguan Jiwa

Pengobatan parkinson dapat dilakukan dengan :

Obat Oral
Pemberian obat minum secara teratur dan berkelanjutan atau seumur hidup

Obat Infus
Pemberian obat memalui injeksi/ suntikan

Operasi
Tindakan pembedahan oleh dokter.




Setalah pemaparan dari dokter Sukono Djojoatmodjo, Sp.S tentang Parkinson, acara dilanjutkan dengan bagi-bagi hadiah doorprize oleh pihak RS Premier Jatinegara.

So …. buat kamu yang masih muda dan sehat yuk cegah parkinson sejak dini dimulai dengan mengatur pola hidup sehat , olah raga teratur, makan makanan yang fresh. Insayallah penyakit Parkinson dapat dicegah .



Salam Sehat,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar