Rabu, 19 Mei 2021

 

READ ALOUD, CARA SERU DAN MENYENANGKAN TUMBUHKAN MINAT BACA PADA ANAK

 


Umi dede mau baca buku cerita ini” yang artinya dede minta di bacain buku cerita. yah begitulah dede, dalam menyusun kosa kata menjadi sebuah kalimat masih belum sempurna. Perlu sebuah pemahaman untuk dapat mengerti apa maksud dari perkataanya. Pengelola sebuah kosa kata menjadi kalimat sehingga orang mengerti apa maksudnya masih dalam proses pembelajaran. Membacakan buku cerita atau mendongeng salah satu cara saya untuk pengembangan kota katanya. Malam hari, sebelum tidur waktu yamg biasa saya lakukan dalam membacakan buku cerita.

Buku yag biasnya aku bacakan untuk dede yaitu buku cerita  bergambar. Yah anak-anak akan tertarik dengan buku yang bergambar, serta gambarnya lucu dan kesukaannya, duh seneng sekali. Sangking sukanya dengan sebuah buku cerita, sehingga yang di minta untuk di bacakan bukunya yah itu lagi itu lagi.

Dengan membacakan buku cerita saat anak usia balita  Menanamkan minat membaca sejak dini.  walau terkadang buku yang di baca sama dengan yang kemarin yang sudah di baca. Itu karena  anak memiliki buku favoritnya tersendiri.  Walau terkadang saya merasa bosan dengan membacakan buku cerita yang sama setiap harinya, tapi saya berusahan untuk menghilangakan rasa bosan tersebut dengan membacakan nyaring, kareana mungkin anak sedang  berusaha untuk memahami isi cerita tersebut.

 


Read Aloud atau Membaca Nyaring

Read Aloud adalah metode mengajar membaca yang paling efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai sebuah kegiatan yang menyenangkan. Baca nyaring dapat di mulai sejak dini bahkan sejak semerter ke 3 kehamilan, oleh karena itu semakin dini anak di pernalkan oleh buku maka semakin upaya menumbuhkan kecintaan anak terhadap buku atau literai semakin optimal, dengan begitu  anak akan membaca dengan sendirinya. Yess jika sejak dini anak merasakan bahwa membaca itu menyenangkan,  maka dengan sendirinya anak akan suka membaca buku .

 


Saat saya mulai bercerita biasanya di iringi dengan intonasi yang naik turun, dengan suara yang mirip kareakter cerita seperti saat bercerita tentang hewan, saya menirukan suara hewan, saat sedih atau gembira saya pun mengekspresiskan rasa tersebut. membaca nyaring melalui intonasi dan irama di harapkan anak-anak akan mudah untuk memahami sebuah cerita yang di bacakan atau dibaca , sehingga daya konsentrasi anak lebih panjang.  Membuat sebuah cerita jadi menyenangkan, tidak membosankan

Membacakan buku cerita dengan nyaring dapat membangun banyak ketrampilan dasar seperti memperkenalkan kosa kata, memberikan model membaca yang lancar dan ekspresif serta membantu anak-anak mengenali apa itu membaca untuk kesenangan.

 

Manfaat yang dapat dibangun dengan metode Read Aloud

1. Membangun kedekatan atau bonding antara orang tua dan anak

2. Membangun komunikasi antara orang tua dan anak

3. Mengembangkan kosa kata anak

4. Anak memiliki pengalaman yang menyenangkan

Saat kami sedang berpergian atau traveling , dan tidak memungkinkan untuk membawa buku cerita, sedangkan dede lagi seneng-senangnya mendengarkan cerita. Syukurlah ada perpustakaan digital Let’s Read  yang menjadi solusi akan kegalawan saya .

 

Perpustakaan Digital Let’s Read

Let’s Read merupakan perpustakaan digital buku cerita anak yang di dirikan oleh komunitas literasi dan The Asia Foundation.  

 


Lets Read sendiri diprakarsai oleh Book for Asia, yaitu program literasi yang telah berlangsung sejak 1954. Dimana program tersebut telah menerima penghargaan U.S Libraray of Congress Literacy Awards atau inovasi dalam promosi litersi pada desember 2017

Lets Read sendiri memiliki koleksi cerita bergambar yang dapat di baca, di unduh dan di sebarkan serta diterjemahkan secara bebas melalui aplikasi adroid atau bisa di tampilkan di webside. Cerita yang ditampilkan yaitu cerita rakyat yang kaya akan kearifan lokal . Untuk bahasa buku digital cerita anak ini menggunakan bahasa nasional dan bahasa ibu. Untuk ceritanya sendri lets read menghadirkan cerita anak yang berkualitas dari dalam dan luar negeri. Tampilanya yang eye friendly membuat saya nyaman membaca cerita yang ada di Lets Read tersebut.

 

Pengalaman membaca cerita menggunakan aplikasi Let's Read




Ketika saya perkenalkan lets read pada dede, respon dede langsung suka. Yess karena di aplikasi tersebut banyak gambar pilihan cerita anak berdasarkan usia.

 

Cara Menggunkan Aplikasi Let’s  Read



  1. Unduh aplikasinya di playstore , yang gambar gajah dengan backround hijau.
  2. Pilih bahasa di settingan aplikasi Lets Read. Untuk pilihan bahasanya banyak, so gunakan bahasa anak yang mudah di mengerti.
  3. Pilih bahasa untuk membaca cerita anak
  4. Pilih  untuk izinkan mengunduh bahan bacaan
  5. Pilih tingkat bacaan sesuai dengan  usia anak. ada ratusan judul buku dengan tema yang beragam. 

Mudah kan menggnakan aplikasi Let’s Read, membaca nyaring cerita di Let’s Read jadi lebih menyenangkan yah kan….

23 komentar:

  1. Waaah...bermanfaat banget.. makasiih mom..aku mau download ah buat si kecil

    BalasHapus
  2. aseli, ini ilmu utk aku..
    aku yg bekerja dibidang pendidikan, sering mengesampingkan hal ini, apalagi di era digital ini minat anak akan literasi semakin menurun..
    yukk mom, bangun kembali minat baca pada anak sejak usia dini ๐Ÿ™‚๐Ÿ™‚

    BalasHapus
  3. Wah bener bener bermanfaat bgt. Aku seneng bgt bacain buku buat dua anak anakku. Bakalan ku donlot aplikasinya ni. Makasi ya mommm

    BalasHapus
  4. Eh aplikasi bagus ini, aku jadi dapet ilmu baru nih. Makasi banyak ya mom..

    BalasHapus
  5. Makasih banyak informasinya yaa mbaa, aku baru tau nih jadi mudah yaah aksesnyaa

    BalasHapus
  6. Wah makasih infonya mom. Nanti bisa ku pake cara ini klo anakku udh besar hehe

    Sri lestari

    BalasHapus
  7. Bermanfaat banget ini, makasih mom infonya.

    BalasHapus
  8. Anakku juga suka banget dibacain read a loud gini. Makasih mom trnyta manfaatnya banyak

    BalasHapus
  9. bermanfaat sekali nih,, anakku juga lagi suka banget di bacain begini,,

    BalasHapus
  10. Baru tau ada perpustakaan digital๐Ÿ˜… bermanfaat banget infonya, mkasih moms

    BalasHapus
  11. Sayangnya saya sudah mengajar anak2 SMA di sekolah. Mungkin metode read alaoud ini cocok ya kak untuk anak2 SD karena memang mereka dalam berlatih membaca juga kan perlu pendampingan?

    BalasHapus
  12. Makasih infonya mba. Aku punya ponakan ponakan yg susah diajak membaca. Mungkin metode ini bagus untuk mereka. Nanti saya infokan ortunya untuk download.

    BalasHapus
  13. Ternyata Read Loud itu punya sisi positif juga ya bagi si anak. Mungkin sampe kenceng banget di sebelah telinganya ya Mba.

    Anak-anak memang paling suka baca buku cerita bergambar. Biasanya lebih mudah memahami sebuah gambarnya, daripada bacaan novel, hehehe....

    Very nice information

    BalasHapus
  14. Aku juga sering bacain Let's Read apalagi kalau bosen nunggu antrian di RS. Pasti sambil bacain anak-anak Let's Read. Ceritanya beragam, dan ngga bikin bosen.

    BalasHapus
  15. Nah, ini, saya juga sudah mendownload aplikasi The Read sejak lama. Ceritanya lengkap banget, bahkan dari berbagai negara di dunia. Ini menjadi wawasan baru bagi anak dan orang tua. Terlebih, tidak perlu membeli buku dalam jumlah yang banyak. Cukup dari aplikasi Android, sudah tercakup semua.

    BalasHapus
  16. Udah download aplikasinya dan tiap malam bacain si kecil. Dia udah tahu rutinitas tidurnya sikat gigi, baca, bobo. Kalau gak baca dia gak mau bobo wkwk

    BalasHapus
  17. Banyak manfaat read aloud. Selain 4 di atas, saya ada tambahan yaitu menambah pengetahuan anak. Dari cerita tersebut kadang ia membuat takjub saaat melakukan hal baru berdasarkan cerita tersebut.

    BalasHapus
  18. Ada rasa berbeda ketika mendengarkan orang lain bercerita, mendongeng misalnya. Membuat anak lebih dalam menggunakan imajinasinya. Apalagi kalo suara yang membaca ekspresif. Kalo sedih, anak yang mendengar bisa ikutan sedih, kalo senang, anak yang mendengar bisa ikut senang. Hepinya lagi sudah hadir dalam bentuk aplikasi Let's Read ini ya. Jadi bisa menggantikan peran ayah atau ibu kalo sewaktu-waktu lagi gak bisa membacakan anak cerita.

    BalasHapus
  19. Membacakan dengan nyaring tuh sudah ak praktekkin sejak anakku masih bayi loh mba, hihihi, walopun jadi kaya ngomong sendiri, tapi waktu aku itu aku berusaha connect sm my baby, dan skrg alhamdulillah sih anakku jadi suka baca buku juga

    BalasHapus
  20. Membaca nyaring memang banyak manfaatnya, dan itu cukup menyenangkan. Tidak hanya bagi anak, saya pun sering membaca dengan suara, terutama saat menghapal materi tertentu hhe

    BalasHapus
  21. Banyak sekali manfaatnya ya, daya ingat anak juga makin bertambah dengan metode ini selain seru dan menyenangkan pastinya buat anak-anak

    BalasHapus
  22. Emang beneran nih mbak, membaca nyaring lebih asyik pake aplikasi Let's Read soalnya ilustrasinya bagus dan ceritanya juga seru jadi kita makin semangat buat ceritain ke anak-anak.

    BalasHapus
  23. Membaca nyaring emang bagus banget untuk menanamkan semangat baca pada anak. Aplikasi Let's read sangat membantu memperkaya bahan bacaan. Apalagi untuk kami yang berda d pelosok. Mau baca buku fisik, berat d ongkir. ๐Ÿ˜€๐Ÿ˜€

    BalasHapus