Sabtu, 31 Agustus 2019



AKSI RUMAH ZAKAT DALAM MENANGGULANGI INDONESIA SIAGA BENCANA




Indonesia memiliki dua musim yaitu musim penghujan dan musim panas. Setiap musim memiliki dampak tersendiri. Pada musim panas berdampak kemarau atau kering. Biasanya musim kemarau terjadi pada bulan maret sampai September. Namun diantara bulan Maret sampai  September tidak selalu panas, terkadang hujan turun dengan intensitas yang sangat rendah. Hal ini terjadi kemungkinan adanya pergerakan angin yang tidak menentu. Pada bulan agustus sampai September biasanya terjadi puncaknya musim kemarau. Namun tidak semua wilayah Indonesia mengalami kemarau ekstrim. Beberapa daerah masih mengalami turun hujan walau dengan intensitas hujan rendah, sehingga saat musim kemarau masih ada kelembaban udara walau cenderung sangat rendah.

Musim penghujan di Indonesia terjadi di bulan oktober – Februari. Dampak yang terjadi saat musim penghujan yaitu banjir.  Saat musim hujan di beberapa daerah wilayah Indonesia bahkan menjadi langganan banjir. Musim hujan di Indonesia terjadi karena bertiupnya angin musim barat. Saat musim penghujan kelembapan udara menjadi tinggi .

Musim Kemarau

Menurut data dari BMKG musim kemarau tahun ini 48.491.666 jiwa terancam kekeringan di 28 propinsi. Kekeringan tahun ini lebih kering dibandingkan kemarau tahun 2018. Nah saat kemarau tiba maka kekeringan terjadi sehingga imbasnya bagi warga adalah sulit mendapatkan air.

5 dapak negative saat musim kemarau 
1. Krisis air bersih 
2. RentanKebakaran hutan
3. Bagi petani terancam gagal panen 
4. Gangguan kesehatan
5. Produktifitas menurun

Rumah Zakat

untuk menanggulangi masalah kekeringan yang terjadi di beberapa wilayah Indonesia, melalui rumah zakat Action selama mei-agustus 2019, rumah zakat telah mendistribusikan sebanyak 451.000 liter air bersih di titik kekeringan di 7 provinsi di Indonesia. Jumlah tersebut akan terus meningkat pada puncaknya kemarau yaitu di bulan agustus hingga September.



“ kekeringan yang terjadi di Indonesia ini berulang setiap tahun. Pemberian air bersih merupaka ssaalh satu bentuk respon jangka pendek untuk mengurangai damapak kekeurangan air di masyarkat. Asapun aksi dari rumah zakat untuk mengurai damapak kekeringan air di masyarakat yaitu  menyediakan logistic dan peralatan, berupaya menyediakan tangki air dan pipanisai serta pembutan sumur bot papar ibu Murni Alit Baginda ( chief program officer Rumah Zakat ).

Rumah zakat merespon aksi kekeringan di 30 titik di Indonesia. Dan telah mendistribusikan air bersih di 18 titik di 7 provinsi. 



Untuk dropping air bersih di sediakan 451.000 liter air bersih denagan 27.115 penerima manfaat. Daerah yang akan menjadi aksi ini yaitu giriharjo gunung kidul, cikeusik, pemekasaan Madura, ponorogo, sumedang.

Untuk pembutan Bor,rumah zakat  menyalurkan 1 unit sumur bor dimana titik lokasinya di desa Angsana kecamatan angsana pandeglang banten, yang akan di salurkan ke daerah pandeglang, cianjur dan sukabumi.

Untuk pipanisasi yang sudah di lakukan di babakan desa cisolok sebagai titiknya dan penyalurannya ke cisolok dan tasikmalaya.

Solusi yang cukup efektif dan sederhana untuk mengatasi krisis air bersih yaitu dengan menampung air huajan yang turun sehingga air yang terkumpul ditambpung dlam satu wadah. Air yang di tamoung ini di kelola sedemikian rupa sehingga bisa di gunakan untuk keperluan sehari-hari seperti mandi , cuci baju atau air baku minum oleh kebanyakan masyarakat pedesaan. Wadah penampungan biasanya tidak jauh dari rumah kareana air huaja yang di tamping sebenarnya merupakan air yang di kempulkan dari genteng rumah. Daerah yang sudah terdapat penampunagn air huajan yaitu kampong pasir peuti desa suka mulya ke, Sukaluyu keb. Cianjur.

Solusi  Rumah Zakat untuk penanganan kekeringan :
1. Memetak daerah kekuranga air ( kebutuhan dan penaganan )
2. Menyediak sarana dan prasarana ( tanki, pipa dan pompa )
3. Pembuatan sumur bor
4. Kampanye hemat penggunaan air.

Hadirkan Desa Tangguh Bencana

Di prediksi bencana selama 2019 lebih dari 2.500 kejadian bencana di seluruh Indonesia. Menanggapi hal tersebut Rumah Zakat membentuj desa tangguh bencana, yaitu desa yang memiliki kemampuan mandiri untuk beradaptasi dan menghadapi ancaman bencana serta memulihkan diri segera dari dampak yang merugikan .


Dengan terbentuknya desa tangguh bencana di harapkan warga desa terutama yang berada di daerah rawan bencana bisa lebih siap untuk melakukan pencegahan maupun siaga saar bencna terjadi sehingga meminimalisasi dampak kerugian yang terjadi papar ibu Murni Alit Baginda ( Chief Program Officer Rumah Zakat ).

Saat ini sudah ada 28 Desa Tangguh Bencana yang tersebar di 22 kota di Indonesia. Adapun program yang dilakuakan umtuk membentuk Desa tangguh Bencana :
1. Penyuluhan kebencanaan
2. Simulasiaga bencana
3. Pembuatan jalur evakusai di desa
4. Membuat media edukasi bencana
5. Merekrut pemuda tangguh bencana

Selain melatih warga desa untuk tangguh bencana Rumah zakat juga menyediakan Superqurban sebagai makanan yang mudah di salurkan saat bencana. Selama januari hingga juni sebanyak 10.558 paket superqurban sudah tersebar ke wilayah pelosok maupun bencana di Indonesia.

Kepedulian Rumah Zakat dalam menggulangi #IndonesiaSiagaBencana mendapat dukungan dari pemerintah.  Aksi Rumah Zakat dalam membantu manyarakat desa dalam mengatasi bencana sangat membantu dan dirasakan oleh masyarakat desa terutama titik yang rawan bencana. Selain itu Rumah zakat juga membuka peluang kolaborasi dengan berbagai pihak untuk menanggulangi bencana, baik bencana kekeringan yang sedang melanda saat ini maupun melalui aksi mitigasi dan respon atas bencana yang terjadi. Manyarakat bisa berkolaborasi menggulangi bencana bersama Rumah Zakat dengan berdonasi. Informasi lengkapnya dapat di klik www.rumahzakat.org.

“Berimanlah kamu kepada allah dan Rosul-Nya dan nafkahkanlah sebagian dari hartamu yang allah telah menjadikan kamu menguasainya. Maka orang-orang yang beriaman diantara kamu dan menafkahkan  ( sebagian ) dari hartanya memperoleh pahala yang besar.”


Salam blogger,

39 komentar:

  1. Alhamdulillah ya masih ada yang peduli dengan daerah yang mengalami bencana kekeringan. Karena musim kemarau ini dirasa makin berat setiap tahunnya. Semoga kita semua bisa saling menolong dan membantu mereka yang membutuhkan terutama kebutuhan air. Insyallah nanti bisa ikut berdonasi. Aamiin

    BalasHapus
  2. Masyaallah keren ya aksinya rumah Zakat. Tapi baru tau lho ternyata rumah Zakat juga peduli bencana ya. Kirain cuma ngurusi masalah zakat aja

    BalasHapus
  3. Iya musim kekeringan banget mba kasian sampe ada yang krisis air bersih alhamdulilah di rumah air deras mengalir semoga tetap begitu karena repot banget kalau ga ada air ya mba.

    keren banget ini Rumah Zakat programnya ya mba bagi-bagi air bersih ke daerah kekeringan ya mba

    BalasHapus
  4. Aksi Rumah zakat bermanfaat bagi umat, menolong orang yang terkena bencana, semoga dilancarkan selalu

    BalasHapus
  5. Untuk menanggulangi bencana memang yg dibutuhkan pemetaan data biar saluran bantuannya tepat sasaran, rumah zakat salah satu lembaga Amil yg amanah dan kita bisa berperan sebagai Muzakki untuk menyalurkan zakat atau sedekah lewan lembaga Rumah zakat yaa

    BalasHapus
  6. Alhamdulilah ya banyak kesigapan dari Rumah Zakat untuk membantu sesama, dan kita bisa menyalurkan zakat di rumah zakat semakin mudah

    BalasHapus
  7. Dari namanya Aja udah Keren banget ya Mba, Desa Tangguh Bencana. Semoga bisa berjalan dengann auk dan semakin banyak Desa Tangguh Bencana Di Indonesia. Btw kekeringan memang momok banger di Indonesia, padahal air adalah salah satu sumber kehidupan

    BalasHapus
  8. Program2 RZ ini slalu keren ya

    Nggak salah dari dulu aq percayakan pemgolahan zakat keluarga ke RZ

    BalasHapus
  9. Rumah zakat merupakan tempat dimana orang-orang yang dapat menyalurkan zakatnya. dan rumah zakat yang tepat untuk penyampaiaan zakat seseorang

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah Rumah zakat berhasil merespon aksi kekeringan di 30 titik di Indonesia. Dan telah mendistribusikan air bersih di 18 titik di 7 provinsi.

    BalasHapus
  11. Bagus sekali ya prgram dari Rumah Zakat ini, semoga saja bisa membantu Desa-Desa yang sering terkena bencana terutama di musim kemarau ini rentan terkena kekeringan.

    BalasHapus
  12. Ini keren banget programnya Rumah Zakat ya mbak, karena bisa membangun Desa Tangguh Bencana. Semoga tidak ada lagi gempa yang serius ya.

    BalasHapus
  13. Aksi rumah zakat ini sangat mulia ya mbak, apalagi dapat membangun Desa yang terkena bencana, semoga semakin banyak yang bergabung ke rumah zakat.

    BalasHapus
  14. Alhamdullilah ya sama aksi rumah zakat menanggulangi kemarau karena kebutuhan air itu no 1. Aku juga datang nih ke acaranya jadi paham

    BalasHapus
  15. Masya Allah, keren banget program2 nya Rumah Zakat ini. Orang2 yg bekerja di sama juga keren2, kantorku pernah kerjasama sama mereka,dan menyenangkan sekali kerjasama bareng mereka.

    Program Desa tanggap bencana itu penting banget, mengingat Indonesia punya banyak potensi bencana.

    BalasHapus
  16. Saya suka program program RZ. Apalagi ada rumah bersalin gratis dan ambulan gratis. Ini sangat membantu sekali ♥

    BalasHapus
  17. Syukurlah Mbaa. Aksi rumah Zakat ini sangat membantu masyakarat yaa. Dan dari beberapa artikel yang aku baca, memang program mereka bagus bagus yaaa.

    BalasHapus
  18. Aku pernah dateng ke kantor Rumah Zakat.
    memang aksi mereka nyata yaa..
    Barakallahu fiikum.

    BalasHapus
  19. Keren banget nih aksinya. Smg makin banyak ya yg tergerak hatinya untuk ambil andil dalam berzakat, dan makin banyak yg merasakan berkahnya

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah, Rumah Zakat buat program untuk bencana kekeringan di Indonesia. Sekarang memang lagi musim kemarau, di beberapa daerah kesulitan air terasa banget bahkan di Bogor sekalipun yang katanya Kota Hujan.

    BalasHapus
  21. Masha Allah, betapa mulia nya ya program rumah Zakat ini, tanggap bencana banget.
    Sedih banget kalau liat berita, banyak daerah kekeringan, kebakaran di musim kemarau.

    Namun kadang juga ada yang kering kerontang, eh di daerah lain malah banjir.

    Jadi semangat berdonasi nih, demi saudara-saudara kita yang membutuhkan melalui Rumah Zakat :)

    BalasHapus
  22. Tanggap sekali ya Rumah Zakat. Melaksanakan program yang sesuai sekali dengan kebutuhan masyarakat. Semoga Allah SWT senantiasa memudahkan ikhtiar² RZI dalam beramal untuk umat. Amin

    BalasHapus
  23. Suamiku dulu waktu masih kuliah salah satu relawat Rumah Zakat Indonesia. ALhamdulillah sampai sekarang RZI terus bergerak membantu umat. Bangga denga RZI

    BalasHapus
  24. Programnya RZ ini kereeenn dan berdampak positif banget yak.
    Bisa berkontribusi nyata untuk umat
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  25. Cuma mau bilang terima kasih rumah zakat, semoga makin banyak orang yang terketuk hati dan pikirannya untuk melihat hal seperti ini.

    BalasHapus
  26. Program RZ keren dan sangat membantu masyarakat yang membutuhkan. Semakin banyak program lainnya akan semakin terasa besar manfaatnya. Semoga ke depan bisa lebih baik lagi.

    BalasHapus
  27. Saya rasa saat ini sudah musim kemarau panjang ya, Mbak. Di sekitar rumah saya saja, sudah banyak tetangga yang sumurnya kering. sungai belakang rumah saya kering, bahkan waduk sempor kebumen debit airnya semakin menyusut.
    Dan keren ini ada bantuan air dari rumah zakat. Karena sangat membantu bagi perjuangan saudara-saudara kita yang memang kesulitan air.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah di kota saya, sudah mulai sering hujan.
      Malam hujan, tapi siang tetap berasa panas..

      Untuk rumah zakat, Sukses Selalu ya!!

      Hapus
  28. Subhanallah .. semoga Rumah Zakat akan tetap berkibar dan menjadi naungan bagi yang membutuhkan. Amiin.

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah....masih ada yang peduli membantu sodara kita yang terkena bencana alam, dari rumah zakat dapat menyakurkan donasi untuk langsung diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan.

    BalasHapus
  30. Alhamdulillah, kepedulian Rumah Zakat dalam menggulangi #IndonesiaSiagaBencana mendapat dukungan dari pemerintah. 
    Sebuah aksi mulia dari Rumah Zakat dalam membantu manyarakat desa dalam mengatasi bencana sangat membantu dan dirasakan oleh masyarakat desa terutama titik yang rawan bencana.
    Barakallah Rumah Zakat!

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah masih banyak yg bisa membantu masyarakat dari Rumah Zakat, insya Allah lebih banyak tabungan amal jariah

    BalasHapus
  32. Programnya bagus nih, semoga ada beberapa pihak lain yg ikut memperhatikan musim kemarau saat ini, duh rindu bgt turun hujan

    BalasHapus
  33. LuarLuar biasa memang kontribusi rumah zakat ini dalam membantu masyarakat indonesia. Semoga makin banyak karya nyata rumah zakat indonesia.

    BalasHapus
  34. RZ selalu menjadi terdeoan untuk persoalan seperti ini, dan aku kenal beberapa teman yang juga dari RZ dan orang-orang yang tergabung di dalamnya memang keren-keren

    BalasHapus
  35. Aku baru tahu nih kalau ada lembaga seperti Rumah Zakat yang fokus memberi donasi untuk pengadaan air bersih yah. Semoga kegiatannya bisa terus berkelanjutan. Terima kasih infonya kak*

    BalasHapus
  36. Benar benar aksi Rumah Zakat bermanfaat dan tepat sasaran semoga berkah bagi yang memberi dan menerima

    BalasHapus
  37. Semoga aksi rumah zakat ini banyak masyarakat yang terbantu dan tepat sasaran. Mari beri dukungan untuk hal kebaikan

    BalasHapus
  38. Masya Allah, kita bisa juga ya Mom turut membantu melalui rumah zakat ini? Semoga segala aksi yang dilakukan dapat berlangsung secara kontinyu dan merata di titik yang lain juga.

    BalasHapus