Selasa, 24 September 2019


CARA CERDAS MEMILIH TEMPAT MAKAN AMAN DAN SEHAT MELALUI APLIKASI GERMAS PAS



Kamu suka jajan pinggir jalan ?  suka order makanan online ? atau punya restoran/ tempat makan favorit? Kalau udah suka biasanya udah percaya sama tempat pengolahan makanan (restoran, catering atau warung) kesukaan kamu . Dan kamu yakin tempat makanan favorit kamu kamu udah bersih, aman dan sehat? Nah biar kamu yakin coba deh cek melalui aplikasi GERMAS PAS. Di aplikasi ini kamu akan tahu tempat makan tersebut aman, sehat atau tidaknya.


Aplikasi GERMAS PAS  ini di baru luncurkan dan di resmikan oleh kementrian kesehatan RI. Alhamdulillah beberapa hari yang lalu juga aku bersama teman-teman Blogger Cronicomunity  mengikuti sosialisasi  aplikasi kesehatan ini yaitu  GERMAS PAS Gerakan Masyarakat Pangan Aman dan Sehat, yang di adakan di hotel Holiday Inn Jakarta.

Tentang Aplikasi GERMAS PAS

Aplikasi GERMAS PAS merupakan sistem aplikasi kesehatan masyarakat yang berbasis mobile yang bertujuan sebagai panduan dan informasi kepada masyarakat dalam mendapatkan pelayanan untuk memilih tempat makan yang terjamin kesehatannya. Melalui basis data yang update dan akurat yang dapat diakses melalui mobile.



Untuk mendapatkan aplikasi GERMAS PAS ini dapat di donwload pada smartphone android melalui google play store. Masukkan keyword “GERMAS PAS”  pada form pencarian di google play store kemudian unduh dan intstal aplikasi GERMAS PAS.

Apa aja yang ada di aplikasi Germas PAS ?




Pada Beranda
Pada halaman ini masyatakat mendapatkan informasi singkat tentang Germas PAS dan informasi terbaru tentang Germas PAS . Pada fitur ini ditampilkan juga data-data Tempat Pengolahan Makanan seperti rumah makan , restoran, jasa boga dan depot air yang sudah di sertifikasi Laik Higine Sanitasi Pangan oleh pemerintah daerah yang berada di sekitar kita dalam radius 50 km.





Katagori
Pada halaman ini kamu dapat megakses tempat makan favorit kamu, depot air minum dan jasa boga yang sudah memliki seritikat Laik Higine Sanitasi pangan . yang semua itu sudah dalam pengawasan pemerintah daerah.

TPM Favorit
Pada menu ini kamu bisa menyimpan TPM yang sering kamu kunjungi/ order dan menjadi TPM favorit kamu. Sebelum kamu menyimpan TPM favorit kamu, pastikan kamu sudah mendaftarkan akun kamu pada aplikasi Germas PAS

Peta Lokasi
Di menu ini, menampilkan posisi kamu berada dan lokasi tempat pengolahan makanan yang ada di sekitar kamu. Sebelumnya  pastikan jarinagan GPS kamu aktif yac…

Pencariaan TPM
Halaman ini memudahkan kamu untuk melakukan pencarian tempat pengolahan makanan bersadarkan nama, alamat, jarak terdekat radius, katagori dan area wilayah. Sehingga kamu akan lebih mudah dalam menemukan referensi informasi tempat pengolahan makanan yang sudah memenuhi standar laik hygiene sanitasi pangan .

Papan Informasi
Pada menu papan informasi, terdapat berbagai informasi dari kementrian kesehatan khususnya dalam kegitan GERMAS PAS. Informasi yang terdapat di menu ini akan selalu diperbaharui secara berkala.

Informasi Detail dan Rating TPM
Pada halaman ini pengguna dapat memberikan rating dan review yang terkait dengan TPM yang tersedia di dalam aplikasi Germas PAS. Di halaman ini informasi yang tersedia dengan mudah dapat di bagikan ke social media atau sharing sosmed.

Latar Belakang Lahirnya GERMAS PAS

Kasus keracunan pangan yang terjadi pada masyarakat banyak terajdi di tahun 2017 dan di tahun 2018  Kasus keracunan  semakin meningkat menjadi kejadian Luar Biasa ( KLB ) . Kasus keracunan yang terjadi di Indonesia banyak di sebabkan oleh masakan rumah tangga.




Dan untuk mengurangi KLB Kejadian Luar Biasa keracunan panagan kementrian kesehatan membuat inovasi dengan meluncurkan aplikasi Germas PAS. “Kita berharap aplikasi GERMAS PAS dapat membantu meminimalisir penyakit bawaan pangan dan keracunan akibat pangan” ucap ibu Kirana Pritasari Direktur Jendral kesehatan Masyarakat Kementrian Kesehatan, saat acara sosialiasi aplikasi GERMAS PAS.

Makanan sehat adalah makanan yang bersih dari hulu sampai ke hilir, dari proses pengolahan sampai ke penyajian makanan dilakukan secara benar dan higine. Untuk menghasilkan makanan yang bersih, aman dan sehat di perlukan kerja sama anatara pemerintah, pengusaha pengolah makanan dan masyarakat.

Untuk memenuhi syarat dasar makanan higine untuk pengusaha atau pengolah tempat makanan wajib memiliki Sertifikat Laik Hgine Sanitasi yang di terbikan oleh pemda kabupaten / kota ( dinas kesehatan ). Sertifikat ini berupa stiker yang dapat di tempelkan di tempat pengolah makan TPP . Adapun persyaratan teknis yang harus dilakukan oleh pengolah makanan antara lain IKL Inspeksi Kesehatan Lingkungan yang meliputi kebersihan dan sanitasi lingkungan lokasi TPP, penjamah makanan ( chef  dan asisten chef ), perlengkapan alat ( alat masak dan makan ), bahan makanan ( jenis, pengolahan dan penyimpanan makanan ) , uji laboratorium terhadap sample pangan yang di produksi dan pembinaan Higien Sanitasi Pangan.  Yang semua syarat tersebut akan di inpeksi oleh dinas kesehatan setempat.

Jenis Tempat Pengolahan Pangan ( TPP ) yang wajib memiliki Sertifikat Laik Higiene Sanitasi Pangan 



Higiene Sanitasi adalah upaya untuk mengendalikan faktor resiko terjadinya kontaminasi terhadap makanan, baik yang berasal dari bahan makanan, orang , tempat dan peralatan agar aman di konsumsi.  Bila syatat Higien Sanitasi sudah terpenuhi maka dari pemda kota/ kabupaten akan mengeluarkan Serifikat Laik Higien Sanitasi kepada pengusaha TPP. Sertifikat Laik Higiene Sanitasi adalah bukti tertulis yang di keluarkan oleh lembaga berwenang terhadap jasaboga/ rumah makan/ restoran yang memenuhi syaarat perundang-undangaan.  Untuk mendapatkan sertifikat Laik Higine Sanitasi memerlukan waktu kurang lebih 30 hari.


Dan bagi pengusaha TPP yang sudah memiliki Sertifikat Laik Higiene Sanitasi SLS akan ada pengawasan ke TPP yang dilakukan secara berkala oleh dinas kesehatan setempat. Masa berlaku Sertifikat Laik Higien Sanitasi yaitu 3 tahun, setelah 3 tahun sertifikat SLS dapat di upgread/ di perpanjang selama TPP tersebut masih memenuhi syarat Laik Higien pangan.

Setifikat Laik Higien Sanitasi tidak akan berlaku lagi bagi pengolah TPP jika :
1. Terjadi pergantian pemilik
2. Pindah lokasi atau alamat
3. Tidak melakukan kegiatan ( pengolahan pangan ) selama 1 tahun berturut-turut
4. Terjadi Kejadian Luar Biasa keracunan makanan di TPP tersebut.

Nah semoga dengan aplikasi GERMAS PAS masyarakat menjadi lebih cerdas dan mudah dalam memilih tempat atau pengolahan makanan yang bersih, aman dan sehat.





Salam Sehat ,

6 komentar:

  1. Looooh, saya baru tau ada app Germas Pas ini ._.

    BalasHapus
  2. Wah, seiring perkembangan teknologi, aplikasi germas ini menjadi tantangan tersendiri agar masyarakat makin teredukasi ya.

    BalasHapus
  3. Ada Fiture "halal " gak ya mba umidah?
    Karena kalo kayak saya yang di Medan ini, kadang kalo pesen makanan di aplikasi ojol, gak tertera. Kadang kita pesen yang memang kita pernah datangi tempatnya. Karena kadang orang banyak yang gak tau makanan yang dia pesan itu halal atau gak..
    jadinya kalo mau pesan makanan di ojol, buka dulu aplikasi germas pas.

    BalasHapus
  4. KEren ya sekarang, bisa langsung askses dari rumah untuk milih tempat makan. Sepakat dengan komen blogger parenting, akan lebih baik jika info kehalalan juga dicantumkan.

    BalasHapus
  5. Waah, asli saya baru tahau kalau aplikasi ini tuh ada. Keren ya, sekarang untuk mengecek tempatnya higienis atau tidak bisa lewat aplikasi. Biar makin yakin kalau mau jajan

    BalasHapus
  6. Wahhh baru tau
    Apa sudah berlaku di semua daerah mbaa?
    Sejak ojol ini ada banyak sekali pilihan makanan tapi itu tadi kita gak tau yang jual siapa, apa bahan baik dan halal, zaman digital memang tampaknya mudah tapi ada negatifnya juga 😄

    BalasHapus