Minggu, 15 September 2019


NASI KEPAL BUATAN IBU




Assalamualaikum,

Wah mendapatkan tantang bercerita tentang masa kecil membuat aku semangat, banyak hal dan peristiwa yang menyenangkan buat aku. aku kecil termasuk anak yang yang betah ada dirumah, setiap pulang sekolah, ganti baju dan langsung main bersama teman-teman yang udah menunggu aku di luar.

Bisa di bilang aku termasuk anak yang aktif. Sering kali ibu suka ngomel ke aku karena aku selalu lupa akan makan siang. saat itu aku SD dan sebelum berangkat sekolah ibu selalu menyiapkan kami ( kakak dan aku ) sarapan, dan menu sarapanya itu nasi uduk atau bihun siram ( makanan khas betawi ) yang menurutku itu bikin aku kenyang sampai siang.

Dahulu kami belum mampu membeli  rice cooker atau magic jar . walaupun sudah ada kompor gas, tapi kalau urusan memasak nasi ibu lebih sering menggunakan kompor sumbu yang bahan bakarnya minyak tanah. dan jika ada nasi lebih saat sore hari , ibu suka menghangatkan nasi dengan menggunakan dandang.dengan menggunakan kompor sumbu. saat nasi sudah cukup panas kemudian nasi diangkat dan dinginnkan dengan cara di angi.  ( angi atau  ngangi itu dari bahasa sunda yang artinya ngademin nasi dengan mengurai-urai nasi panas sambil mengkibas-kibas dengan kipas bambu ), sambil ngademin nasi ibu membuat nasi kepal. Caranya nasi yang dalam kondisi hangat di kepal-kepal dengan tangan, karena untuk aku jadi ibu membentuk nasi kepalnya dengan ukuran kecil-kecil. “de ini makan dulu” ucap ibu sambil memberikan nasi kepal kepadaku. dan aku pun memakannya ga cukup satu, dan ibu membuat beberapa kepal nasi. Saat kecil aku tuh bisa dibalang gampang-gampang susah untuk urusan makan. Jadi ibu berfikir bagaimana anaknya agar mau makan nasi. Maka ibu membuat nasi kepal saat sedang ngangi nasi. Nasi kepal buatan ibu hanya nasi saja dan kadang agar ada rasa gurih ibu mencocolkan sedikit garam.

Kebiasaan ibu tertular kepadaku,  saat aku mengatasi anak-anaku yang sedang susah untuk makan nasi. Aku membuat nasi kepal untuk anak-anak. Tidak hanya saat anak-anak sedang susah makan , kadang aku suka membuat nasi kepal untuk bekal sekolah anak-anakku. Alhamdulillah anak-anakku suka dan mereka menyebutnya “ini shusi umi…” dan akupun tersenyum “ iya shusi… “. Dulu ibu membuat nasi kepal hanya nasi saja, sedangkan aku membuatnya dengan isi didalamnya ( sosis, abon, dll ). Alhamdulillah anak-anakku suka dan mereka menyebutnya “ini shusi umi…” dan aku pun tersenyum “ iya shusi… “

Itulah kebiasaan ibu saat  masa kecilku yang selau aku ingat dan sekarang tertular kepadaku. yuk cerita hal yang menurutmu menarik saat masa kecilmu? 



Salam blogger,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar