Sabtu, 05 Oktober 2019


MEMBANGUN WAKAF PRODUKTIF DENGAN WAKEUP WAKAF DOMPET DHUAFA


“apabila seorang manusia itu meninggal dunia, maka terputuslah amal perbuatanya kecuali dari tiga sumber yaitu sedekah jariah ( wakaf ), ilmu pengtahuan yang dapat diambil manfaatnya, anak yang soleh yang mendoakanya” hadist Imam Muslim dari abu Hurairah.

2 oktober 2019 , Parung Bogor saya dan teman-teman blogger menghadiri acara Meet Up Blogger, WakeUp Wakaf  Dompet Dhuafa.  Sebelumnya aku berfikir bahwa wakaf itu mesti orang yang banyak uang neh atau punya harta banyak. sudut pandang aku berubah tentang wakaf setelah mendengarkan pak Boby P Manulang menjelaskan tentang wakaf. 


“Mainset yang terbentuk pada masyakat tentang wakaf saat ini ada 3 jenis yaitu wakaf masjid, wakaf makam dan wakaf madrasah” papar bapak Boby Manulang. Sesungguhnya wakaf itu dapat berubah disesuaikan dengan kondisi suatu zaman.

Wakaf adalah menahan sesuatu benda yang kekal zatnya, untuk diambil manfaatnya dalam kebaikan dan kemajuan islam.  Menahan suatu benda yang kekal zatnya diartikan tidak menjual kembali apa yang sudah di wakafkan oleh wakafiq.

Mainset lainnya yang terbentuk di manyarakat pada mesti di benahi, bahwa wakaf adalah ibadah orang kaya/ memiliki banyak uang, wakaf itu mesti dengan jumlah bilangan yang besar, menunda-nunda untuk berwakaf. wakaf mesti beradaptasi dengan alam dan perkembangan teknologi, sehingga wakaf dapat masuk ke habitat kaum millenial.  

Nara Sumber Pembicara

WakeUp wakaf adalah suatu program yang di usung oleh Dompet Dhuafa untuk dapat mengembangkan dan membangun wakaf di era millenial ini. Dengan cara apa membangaun dan mengembangkan wakeup wakaf ? yess dengan dari hal yang kecil , misalnya berdonasi wakaf mulai dari  Rp. 10.000 . dengan berdonasi secara rutin dan berkelanjutan itu akan menjadi subuah nilai yang manfaaf yang besar bagi umat.

Macam – macam Wakaf

Dari segi sasaran :
  • Wakaf Publik di tujukan kepada masyarakat umum
  • Wakaf private ( keluarga ) ditujukan kepada keluarga pewakaf
  • Wakaf masyarkat , gabungan antara wakaf public dan wakaf private
Dari segi waktu :
  • Wakaf selamanya ( abadi ) misalnya wakaf tanah
  • Wakaf sementara yaitu wakaf yang di batasi waktunya oleh usia harta atau atas kemauan pewakaf
Dari segi penggunaan :
  • Wakaf berlangsung, seperti Masjid, Sekolah , Rumah Sakit
  • Wakaf investasi yaitu harta wakaf di usahakan untuk mendatangkan surplus dimana surplus tersebut yang di manfaatkan sesuai sasaran wakaf.
Dompet Dhuafa membanun 5 pilar wakaf yaitu :
  1. Pendidikan
  2. Kesehatan
  3. Ekonomi
  4. Sosial Kemanusiaan
  5. Dakwah dan Budaya

 Pendidikan

Setalah mendengarkan penjabaran tentang wakeup wakaf , saya dan teman-teman blogger diajak berkeliling area Lembaga Pengembangan Insani . lembaga Pengembangan Insani memiliki luasnya kurang lebih 2 hektar yang terletak di Parung, Bogor. siswa ada di sini semua laki-laki. mengapa khusus laki-laki? karena laki-laki akan menjadi leader umat, sehingga bisa terfokus akan pembentukan karekter pemimpin yang islami. 
Fasilitas yang terdapat pada Lembaga Pengembangan insani diantaranya :


Lembaga Pengembanga Insani

Sekolah Smart Ekselensia Indonesia
Jenjang pendidikan yang saat ini sedang berjalan SMP – SMU . untuk siswanya berasal dari beberapa daerah di Indonesia dan di luar negeri. Bagi siswa Dhuafa berprestasi mendapatkan pendidikan gratis atau beasiswa. Untuk siswa hanya menerima siswa laki-laki.

Gedung Perpustakaan Digital
Di Perputakaan ini wakaf dari PT HERO yang merupakan wafiq tetap Dompet Dhuafa. Perpustakaan ini memiliki lebih dari 300 jenis buku.  Di dalamnya terdapat ruang baca yang di lantai 1. Dan dilantai 2 ada ruang media pembelajaran dan ruang audio visual.

Sekolah Hafizt Quran 
Asrama Darussalam.
Fasilitas yang terdapat di asrama adalah baber shop dimana babar shop disini tidak ada tukang cukur, melainkan bila ada santi yang ingin gunting rambut maka temanya yang akan menggunting rambutnya. Taylor Club ruangan khusus menjahit. Daycare Room.

Lapangan Footsal dan lapangan Sepak bola
Sekolah PAUD
Kantin
Masjid

perpustakaan, asrama, PAUD, kantin, lapangan footsal

Kesehatan

RS Rumah Sehat Terpadu yang berada di daerah Zona Madina, Parung, Bogor. RS Rumah Sehat Terpadu berdiri dari tahun 2012 dengan luas 2,7 hektar melalui dana wakaf Dompet Dhuafa. Rumah Sakit yang awalnya untuk kaum dhuafa dan kini dibuka untuk umum sejak tahun 2014. Meraka menerima pasien umum , BPJS dan asuransi . Dengan tetap mengutamakan pasien kaum dhuafa RS Rumah Sehat Terpadu ini memberi pelayanan secara Gratis bagi pasien Dhuafa yang sudah bermember. Untuk pelayanan, pasien disini ( member ) tidak di batasi dari biaya kamar, obat , pemerikasaan penunjang dignosa lainnya semua di layani secara Gratis, hingga pasien benar-benar sembuh/ sehat saat pulang kerumah.  RS Rumah Sehat Terpadu masuk RS tipe C dan memiliki konsep Green Hospital.


RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa

Di RS Rumah Sehat Terpadu memiliki 300 karyawan 50 karyawan office dan 250  tenaga medis yang terdiri dari dokter umum, dokter spasialis, perawat, analis kesehatan, apoteker, ahli gizi dll. Yang menjadi unggulan di RS Ruamh Sehat Terpadu adalah pelayanan maternity . karena banyknya pasien ibu lahirkan di RS Rumah Sehat Terpadu.

Ruang Operasi, Ruang Hemodialisa, Ruang Sterilisasi

Semua Nama unit, ruang medis di RS Rumah Sehat Terpadu bernafaskan islami. Pada ruangan medis, di depan pintu masuk terdapat nama-nama wakif, contonya seperti di unit Hemodialisa terdapat nama wakifnya yaitu BPZIS Mandiri. Untuk unit Hemodialisa, dapat menerima pasien setiap hari sebanyak 30 pasien. Untuk poli paru dengan diagnosa TB terletak terpisah .

RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Qatar Charity

Prospek selanjutnya akan beropersi RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa Qatar Charity , dimana dana tersebut berasal dari seorang wakif asal Qatar,

Ekonomi

Daya Mart salah satu mini market yang terdapat di zona Madina. . Ada beberapa Barang yang di jual di dayamart sperti kopi, buah-buahan dan sayuran merupakan hasil pengolahan dari perkebunan Dompet Dhuafa .


Sosial Kemanusiaan

Misi utama dari Dompet Dhuafa adalah kemanusiaan. Membantu kaum muslim Dhuafa menjadi prioritas Dompet Dhuafa, dan kini tidak hanya muslim Dhuafa , non muslim dhuafa pun dapat menerima bantuan dari Dompet Dhuafa.   

Dakwah dan Budaya

Di samping RS Rumah Sehat Terpadu terdapat arena wisata yang bisa di manfaat bagi manyarakat sekitar. olah raga yang dilakukan oleh rosullah selain berkuda adalah memanahatau panahan. jadi memanah adalah olah raga sunah Rosullah. nah masih di zona madina terdapat lapangan panahan yang letaknya di samping RS Rumah Sehat Terpadu Dompet Dhuafa , kampung si Jampang nama area wisata yang terdapat di dalam zona Madina.



bersama teman-teman blogger Jabodetabek

Wakaf beradptasi dengan zaman. Sehingga segmen wakaf dapat masuk ke habit zaman millenial. Melihat multi manfaat dari sebuah wakaf , akupun ikut tersentuh dan mau ikut gerakan wakaf 10ribu. yess dengan uang Rp 10.000 kamu bisa berwakaf, Subhanaallah kerenn khan… Dari hal kecil dari dan bilangan kecil bisa menjadi amal baik dan tabungan besar dunia dan akhirat kamu sobat… Dan kamu pun bisa menjadi bagian dari wakaf produktif dengan klik www.donasi.tabungwakaf.com .


Happy wakaf,


22 komentar:

  1. Saya senang sekali sekarang sosialisasi wakaf marak. In syaa Allah makin banyak yang ngeh tentang wakaf dan berwakaf.

    BalasHapus
  2. wuah mayan juga ya kalau wakafnya 10ribu per minggu. atau minimal per bulan deh. konsisten sampai tua.
    segudang pahalanya. surga jaminannya

    BalasHapus
  3. Dompet Dhuafa sungguh keren buangeett ya
    Iya sih, wakaf produktif harus dibiasakan
    https://bukanbocahbiasa(dot)com

    BalasHapus
  4. Dompet dhuafa salah satu badan amil zakat dan wakaf yang recommended dan amanah.

    BalasHapus
  5. Subhanallah .. begitu mudahnya jalan untuk menuju kebaikan. Semoga bisa segera gabung di dompet dhuafa

    BalasHapus
  6. Sama, Mbak. Selama ini, saya taunya wakaf itu ya berupa tanah. terus tanahnya untuk masjid, musala atau makam.
    Teryata wakaf itu fleksibel ya, Mbak. Termasuk untuk perpustakaan. Pokoknya bisa untuk kebaikan.
    Terima kasih sharingnya Mbak Idah.

    BalasHapus
  7. Gak oerlu banyak duit untuk wakaf ya.
    Waqafnya bisa rame rame.
    Sedikit demi sedikit lama2 jadi bukit

    BalasHapus
  8. Yukk menjadi seseorang yang selalu menebar manfaat dan kebaikan dengan berwakaf dengan dompet dhuafa

    BalasHapus
  9. Semoga semakin baik Dompet Dhuafa ke depannya, amanah dan membawa banyak manfaat bagi ummat.

    BalasHapus
  10. Kerennya, wakaf beradptasi dengan zaman, segmen wakaf dapat masuk ke habit zaman millenialMakin mudah berwakaf bahkan hanya dengan 10 ribu rupiah. Bener memang ya dari nominal kecil bisa menjadi amal baik dan tabungan besar dunia dan akhirat

    BalasHapus
  11. Keren ini Dompet Dhuafa terus melakukan inovasi untuk memfasilitasi kebaikan apalagi nominalnya makin mudah dijangkau. Kecelah Dompet Dhuafa.

    BalasHapus
  12. Mau wakaf itu ga menunggu harus kaya dulu, sekarang dompet dhuafa dapat memberi jalan dalam berwakaf, bisa dimulai dengan nilai 10ribu

    BalasHapus
  13. Tq for sharingnya mba. Aku jd tau ttg prodgram nyata dompet dhuafa

    BalasHapus
  14. Keren bener ih Dompet Dhuafa ini. Program-programnya selalu inovatif. Jadi kalau mau berwakaf sekarang lebih mudah yaa, gak perlu siapkan nominal besar. Dari nominal kecil aja udah bisa berwakaf.

    BalasHapus
  15. dengan hadirnya lembaga seperti ini, tentu semakin mempermudah proses wakaf dan seterusnya

    BalasHapus
  16. MasyaAllah, semoga dengan adanya kemudahan ini semakin banyak masyarakat yang terdorong untuk melakukan wakaf tanpa menunggu untuk jadi kaya dulu.

    BalasHapus
  17. Senengnya ,zaman makin maju makin mempermudah ,semoga dengan adanya ini banyak yang ber wakaf

    BalasHapus
  18. Dompet dhuafa makin ke sini semakin keren aja ya. Era digital justru semakin memudahkan siapa saja bisa berwakaf tanpa menunggu kaya dulu. Heheheh

    BalasHapus
  19. Dompet dhuafa memang badan amil zakat dan wakaf yang recommended dan amanah. Selalu mengikuti perkembangan juga nih.

    BalasHapus
  20. Mulia sekali ya programnya, semoga sukses & dapat membantu org2 di sekitar

    BalasHapus
  21. Kak, itu ada yang typo ya?

    Setahu aku, dalam istilah asing itu penulisan yang benar ialah mindset.
    Hati-hati, nanti tertukar dengan kata 'manset' .. hehehe ..

    BalasHapus
  22. Dengan wakaf yang diorganisir begini, jadi lebih bisa kelihatan manfaatnya untuk umat ya Mba.

    BalasHapus