Selasa, 19 November 2019


WORD OF IMAGINATION TAMAN BERMAIN IMAJINASI ERATKAN IKATAN IBU DAN ANAK 



Wah saat liburan sekolah tiba kakak biasanya nagih pergi jalan-jalan neh…  Dan biasanya saya mengajukan beberapa pilihan  mau liburan kemana, walau terkadang pilihan saya tidah pas dan kakak request sendiri. Yess dia sudah bisa mengabil keputusan akan sesuatu yang dia inginkan. Kebiasaan saya sebelum anak-anak tidur yaitu mendongeng, disaat itulah bonding time saya dan anak-anak. Saat saya membacakan cerita kepada anak-anak, saya berusaha untuk memberikan cerita yang menarik perhatian anak-anak sehingga mereka respon terhadap cerita yang saya bawakan. Mendongeng ga harus teks book loh, dengan imajinasi ibu merangakai sebuah cerita sehari-hari udah menajdi sebuah kegiatan mendongeng , karena mendongeng itu adalah interaksi antara dua arah (ibu dan anak ).


Menurut dr. Herbowo Soetomenggolo, SpA(K) spesialis Saraf Anak memaparkan “pada anak yang sering di dengarkan dongeng oleh ibu atau ayahnya , dapat mengaktivitaskan bagian-bagian otak anak sehingga akan terbentuk sebuah imajinasi ( neural coupling ) . Saat mendengarkan dongeng menyerupai membaca dongeng, karena peran aktivitas otak pendengar menyerupai seperti aktivitas otak pembaca ( mirroring ). Dengan kata lain mendengarkan cerita menyerupai seperti aktivitas membaca cerita.

Ketika saya mendongeng kepada kakak dan ade, ada sebuah emosi dan empati yang timbul, hal itu di karenakan reaksi hormone pada otak seperti dopamine, oksitosin, kortisol dimana hormone tersebut berperan mengatur perubahan emosi , rasa empati dan rasa kewaspadaan. Bercerita dengan tambahan #sentuhanibu menstimulusi perkembangan imajinasi anak dan ibu.

Bagi saya mendongeng dapat menjadi salah satu kegiatan favorit apalagi jika di tunjang dengan kisah-kisah yang menarik, karekter yang lucu dan unik. Menurut Mochamad Ariyo Faridh atau biasa di panggil kak Aio ( pendiri komunitas Ayo Dongeng Indonesia ) “ orang taua juga dapat melibatkan anak-anak dengan mendorong mereka memberikan ide jalur cerita, nama karekter, dan alat peraga lainya sehingga mendongeng menjadi lebih seru. Dan ga ada cerita yang salah atau benar saat kita berimajinasi, disitulah letak kekuatan imajinasi”.

Word of Imagination

Pada acara Press Conference, 13 November 2019 di The Tarre The MAJ Senayan, acara tersebut di buka oleh  Mr. Holger Welters President Direktur PT. Beiersdortf Indonesia memaparkan “bersar harapan saya dengan adanya campain Nivea #sentuhanibu 2019 Word of Imagination dapat meningkatklan daya imajinasi serta  memperkuat bonding time antara ibu dan anak”. 



Mr. Holger Welters 

Dan nivea sebagai brand perawatan kulit terkemuka kembali mengukuhkan komiitmenya untuk mempererat ikatan antara ibu dan anak dengan menghadirkan sebuah Word Of Imagination . melalui Nivea #sentuhanibu 2019 Word of Imagination berkerjasama dengan komunitas dongeng Ayo Dongeng Indonesia, Waktunya Main dan Sembilan Matahari, Nivea Word of Imagination akan menyuguhkan sebuah taman bermain interaktif untuk anak. dimana taman tersebut terinspirasi dari sebuah cerita yang di gabungkan dengan dunia imajinasi. Yess kombinasi antara permainan dengan seni digital. Taman bermain ini terdiri dari dunia air, dunia hutan dan dunia pasir.



Di dalam taman Nivea Word of Imagination, mengajak orang tua dan anak  untuk bermain dan mengekpresikan daya imajinasi bersama (ibu dan anak) dengan melompat, manari, memanjat serta mengahadapi berbagai rintanagan, berfikir cepat dan tangkas dalam mencari solusi untuk menuntaskan suatu misi bersama-sama. Permaianan ini tidak hanya seru dan menyenagkan namun sarat akan nilai-nilai kehidupan”. Papar mba Elisabeth Tika dari komunitas Waktunya Main.



“focus utama dari Nivea #sentuhanibu adalah terciptanya moment yang dapat mempererat ikatan emosi ibu dan anak, salah satunya adalah dengan kegiatan mendongeng. Dongeng yang menarik dan seru dapat menumbuhkan daya imajinasi anak, terlebih jika di iringi dengan sentuhan lembut ibu yang memberikan rasa nyaman dan ketenangan” papar mba Brigtta Dewi Pricillia Brand Executuve Nivea Body and Cream.  Denagn sentuhan Nivea Cream Tin dapat menstimulus imajinasi ibu dan anak saat aktivitas mendongeng . Nivea Cream Ten itu sendiri merupakan pelembab ikonik yang diperkaya dengan Eurecit. Dan fungsi Eurecit adalah melindungi kulit, menjadikan kulit tetap lembab sehingga memberikan sensasi kelembutan layaknya sentuhan yang diberikan oleh ibu. 


Nivea #sentuhanibu  Word of Imaginatian sendiri akan di selenggarakan pada tanggal 22-23 Desember 2019 di Ecopark Ancol. Yess pas banget waktu liburan sekolah kakak….. nah untuk mendaptkan tiketnya bisa di beli melalui tokopedia dengan mengklik tiket event. Harga yang di tawarkan untuk tiket keluarga sebesar Rp. 450.000 yang terdiri dari 4 tiket dan merchandise, serta untuk tiket individual Rp. 150.000 terdri dari 1 tiket dan merchandise.




Dan untuk liburan sekolah nanti saya pun akan mengajak kakak bermain ke taman “World of Imagination”. Dan setelah saya menjelaskan tentang “word of imagination” betapa interest kakak untuk bisa datang ke taman bermain “Word of Imagination”.


21 komentar:

  1. Mendengarkan dongeng sama seperti membaca buku... oke..harus sering2 dongengin anak nich...

    BalasHapus
  2. Wuih, karen juga. Kepengen dongengin anak lagi, pernah sih beberapa kali, tapi ikut ketiduran heheheheh

    BalasHapus
  3. Dongengin anak memang seru dan penting ya. Aku seneng lihat wajah mereka yang ekspresif dan matanya berbinar. Baca buku bareng juga seru.

    BalasHapus
  4. Bagus banget.. etapi kami masih perlu nabung dulu dan mungkin tahun depan bisa ikutan.. Maklum, asalnya pelosok jauh dari lokasi :)

    BalasHapus
  5. Meningkatkan daya imajinasi anak untuk sangat penting ya, karena melatih daya kreativitas anak. Orang tua juga pintar-pintar mendongeng kepada anak supaya melatih daya imajinasi anak

    BalasHapus
  6. Jaman sekarang udah jarang banget nih ibu dongengin anaknya, kalo dulu mah sebelum tidur pasti didongengin. Sekarang apa-apa gadget.

    BalasHapus
  7. wah aku jadi pengen dongengin anak, tapi belom punya.. sementara anak tetangga dl kali ya pinjem..

    BalasHapus
  8. Salah satu keterampilan yang harus kukuasai sebelum mempunyai anak adalah mendongeng. Sama seperti yang dibilang disini, dongeng bisa jadi salah satu cara bonding dengan anak. Selain itu, bagiku dongeng adalah awal untuk mengenalkan anak pada literasi. Langkah selanjutnya kalau sudah cukup umur, akan lebih gampang untuk mengajaknya suka membaca

    BalasHapus
  9. Wahh baru tahu ada ada acara keren untuk ibu, anak, dan keluarga. Pas banget lagi dengan libur sekolah. Liburan seru sambil belajar

    BalasHapus
  10. Kelihatannya seru acaranya, masih ada waktu 2 pekan lebih nih. moga ada rezeki untuk beli tiketnya ya��

    BalasHapus
  11. Aku suka banget iklan Nivea yg sentuhan ibu. Setiap anakku muter YouTube di TV dan iklan itu muncul, biasanya kami selalu skip iklan. Tapi, khusus buat iklan Nivea yang sentuhan ibu, anakku selalu bilang, "Bun, jangan-jangan, Mae mau lihat itu." Hehehehe. Keren dah pokoknya.

    BalasHapus
  12. Sejak bayi, saya selalu membiasakan membacakan buku untuk anakku, dan jujur saya sih melihat progress perkembangannya bagus banget. Dari kemarin, penasaran soal event ini, World of Imagination, kayanya seru yaa ajak anak kesana :)

    BalasHapus
  13. 22-23 Desember 2019 di Ecopark Ancol... catet.
    Catet aja, karena jauh, dan tak ada rencana liburan ke Jakarta. Pengen ke Purwokerto saja.
    Jadi, saya hanya bisa bayangin serunya World of Imagination dari Nivea ini. Pasti keren.
    Saya juga agak amaze, sih, karena akhirnya Nivea menyentuh ranah parenthing gini

    BalasHapus
  14. Anak anak Pasti senang dibacain dongeng apalagi tempatnya di Ancol yang banyak wahananya.

    Nivea juga keren bisa mengambil momen, pas tanggal segitu kan pas anak anak libur akhir tahun.

    Sayang sekali tempat nya yang berada di ibukota jauh dari tempat kami yang dipelosok negeri. Semoga ada kesempatan mengikuti momen seperti ini.

    BalasHapus
  15. Bisa dijadikan referensi tempat wisata menjelang tahun baru 2019 nih.. BTW Merchandise nya dapat aja kak?

    BalasHapus
  16. Jadi taman bermain ini cuma dibuka selama event ya? Andai bisa dijadikan permanen. Anak-anak butuh hiburan yang berfaedah, daripada main gadget seperti kebanyakan anak zaman sekarang

    BalasHapus
  17. momen keseruan ini pastinya hubungan orang tua dan anak semakin erat dan harmonis karena dengan adanya word of imagination membuat taman bermain menjadikan kita refleksi mata

    BalasHapus
  18. wah 450 rb untk 4 orang plus merchendise sih worth it aja ya mbak,.. acaranya mengedukasi juga

    BalasHapus
  19. "Bercerita dengan tambahan #sentuhanibu menstimulusi perkembangan imajinasi anak dan ibu." Semoga kelak ku bisa menjadi seorang ibu yang rajin mendongeng kepada anak-anaknya. Aku ingat betul mama dulu sering mendongeng lebih tepatnya membacakan buku cerita untukku sebelum tidur dan itu yang menumbuhkan minat bacaku. Aku suka terpukau kalau Nivea mengadakan acaran #sentuhanibu. Mana ini ada taman bermain buat anak-anak pula ya :)

    BalasHapus
  20. Kemaren Om Nadiem juga memberi pesan ke wali murid untuk sering mendongeng kepada anaknya ya. Aku setuju banget. Awal suka baca karena waktu kecil suka didongengin sama Kakek. Metode bercerita lisan ya, bukan dongeng sebagai sebuah genre. Beliau sering banget ceritain kisah perwayangan.

    Pringadi Surya

    BalasHapus
  21. Wah, seru ya? Bisa bermain sama anak. Penting banget bisa membersamai anak untuk membangun ikatan emosi.

    BalasHapus